Uncategorized

MRT Singapore

03.11.10 | 15 Comments

Ya ampuuun aku janji ngebahas MRT singapore dari bulan kapan, ditulisnya dibulan ini. maap maap :-D

Nah, untuk mengunjungi objek-objek wisata di Singapore dengan murah-meriah, jalan kaki sebenernya udah cukup (cukup gempor buat yang jarang olah raga kayak aku, xixixi…) karena sebenernya satu tempat ke tempat lain ga jauh-jauh amat.

Lagipula nyaris ga kerasa kok, maklum jalur pedestriannya nyaman, dan lingkungannya itu lho, buersiih (asli ngiri, kapan yaa Bandung bisa sebersih itu  :-( ), mobil-mobil yang berkeliaran pun tidak terlalu banyak (menurutku, lebih banyak yang diparkir. CMIIW). Tapi klo ga mau jalan, MRT emang bisa jadi alternatip lain.

Kalau mau naik MRT mulai dari Changi.
Kita kan datang dari arah terminal kedatangan, nyeberang dulu ke Terminal 3 naik kereta internal airport. Trus pakai lift ke bawah.

Bisa beli karcis MRT yang sekali jalan, tapi kalau ingin ‘beredar’, lebih irit beli EZ-link card.

Kenapa daku bilang lebih irit, soalnya untuk karcis sekali jalan Changi-Novena harganya sekitar 2 dollar lebih. Sedangkan dengan EZ card ini selama kami tinggal di Spore, kemana-mana nge-MRT, beli yang 15dollar, masih nyisa 3 dollar :) . Dan kartu ini bisa dipake ga hanya untuk kereta, tapi untuk bis dan taxi juga. (belum pernah nyoba tapi… geez!).
Beli EZ-card ini di loket. Pilihannya S$5, S$10,S$15. Sesuaikan saja dengan rencana kunjungan mo ke mana aja. ;-)

Cara masuk ke dalam Stasiun dengan menggunakan EZ-link ini dengan menempelkannya di gate, sampai gate bersinar hijau dan ‘lengannya’ terbuka. 

Untuk melihat sisa uang di kartu, bisa waktu kita menempelkan kartu di gate atau lewat Mesin karcis otomatis. (Ga tau namanya hehe.)

Membaca peta jalur MRT,
rute mrt singapura

Warna-warna berbeda menunjukkan pembagian jalur. Untuk pemula fokus pada 3 jalur saja sudah cukup kok. East-West (hijau), North East (ungu), North-South (merah). Dan tak lupa perhatikan juga Stasiun Interchange (bulatan).
Peta ini mudah ditemui di brosur-brosur dan juga di dalam kereta (di atas tempat duduk penumpang).

Membacanya mudah, misal kita dari Changi (CG2) mau ke Novena (NS20).
Dari changi, berhenti di Tanah Merah (EW4). Ganti kereta dulu, karena meski sama-sama jalur hijau, ada persimpangannya di stasiun ini. Satu ke arah Pasir Ris, yang lain ke Joo Koon. Ambil jalur yg ke Joo Koon. Kalau lupa harus turun disini, biasanya kita diingatkan petugas lewat pengeras suara!
Cuma yaa, khusus aku yang bahasa inggrisnya pas-pasan mendingan baca peta aja deh. Nyerah!

Abis pengalaman memalukan nih disini, waktu dari pengeras suara terdengar “bla…bla..bla… please go to platform ‘ei’ ” aku keliling nyari2 paltform ‘E’ huahaha…, padahal maksudnya platform ‘A‘.
Boook maluuu!!! :oops:

Back to peta, dari Tanah Merah truuus aja sampe Stasiun City Hall (EW13)/ (NS25). Ignore stasiun interchange yg ke jalur kuning!
Di (EW13), ganti ke jalur merah. Naiklah MRT yang ke arah Jurong East. Udah deh tinggal duduk sampai tujuan, Novena (NS20). Gampang kan!? 8-)

Peringatan bagi penumpang MRT :
dilarang merokok, buang sampah sembarangan, dan makan atau minum. Nanti didenda lho.

Kalau semua taat pada peraturan, jadi bersih dan nyaman :-P

Etika penumpang :
Menggunakan MRT sama saja seperti memakai fasilitas transportasi umum lainnya. Dahulukan penumpang yang turun (di pintu masuk kereta ada tanda khusus untuk jalur penumpang turun, tegak lurus dari pintu). Penumpang masuk dari sisi kanan/sisi kiri jalur tegak lurus tersebut :)
Utamakan tempat duduk bagi manula, wanita hamil dan disable people yah! ;-)

Tips memilih gerbong :
Pilihlah gerbong yg terdekat dari eskalator masuk! :)
Tapi di jam-jam sibuk, MRT bisa penuh banget.
Ga nyaman. Apalagi kita kan turis yang suka bawa bawaan banyak :mrgreen:
maka di jam sibuk, pilihlah gerbong yang terjauh dari eskalator hehe…

Saran untuk menyusun jadual kunjungan :
Stasiun MRT terletak di bawah tanah. (Aku ga tau apakah semua stasiun atau ada beberapa yg tidak. Maaf ya) Stasiunnya bisa tingkat 3. Dibutuhkan waktu 10 menit dari pintu masuk di ‘permukaan’ untuk sampai ke stasiun. Butuh 5 mnt-an untuk menunggu kereta datang. Butuh 1-2 menit bagi kereta untuk berpindah dari satu stasiun ke stasiun berikut. dan butuh another 10mnt untuk naik dari Stasiun ke ‘permukaan’ :D . Kalo kami ambil rata-rata, total butuh 30mnt-an.

Siap berpetualang? Yuk marii…
Ssst… sebenarnya dilarang berfoto2 di platform MRT.
Jadi poto2ku diatas, rahasia kita aja yaa… ;-)

Next : Objek-objek wisata Singapore.

15 Comments

have your say

Add your comment below, or trackback from your own site. Subscribe to these comments.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:

:


«
»